Kegiatan Operasi Penertiban Reklame

Penertiban Reklame

Penertiban salah satu papan reklame di wilayah Kota Kijang, Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Rabu (22/07). Foto dan dokumentasi oleh Tim Bapenda Bintan

Dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang dan Peraturan Daerah Tentang Pajak Daerah, Bapenda Bintan mulai menggelar operasi penertiban pajak pada hari ini di seluruh wilayah kabupaten bintan, Rabu (22/07). Untuk pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh tim penertiban yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bintan. Tim terdiri dari gabungan staf dari Bapenda Kabupaten Bintan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bintan

Operasi penertiban ini digelar sebagai salah satu indikator penilaian kinerja pengelolaan pendapatan daerah dan juga tolak ukur pencapaian target RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), maka perlu dilakukan kegiatan penertiban terhadap wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak daerahnya agar dapat segera terealisasi sebagai penerimaan daerah. selain itu, diharapkan dapat memberikan efek jera bagi wajib pajak yang dengan sengaja menunda ataupun menghindari kewajiban perpajakannya kepada daerah.

Penertiban terhadap tunggakan pajak daerah akan dilakukan secara bertahap, dan mengikuti segala aturan daerah yang sah. selain dari pada itu agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan menghindari pertentangan dengan wajib pajak, maka perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki wewenang dan juga aturan yang jelas.

Adapun maksud kegiatan tersebut adalah agar terealisasinya tunggakan pajak daerah dan memberikan tindakan tegas kepada wajib pajak yang tidak tertib didalam melaksanakan kewajiban perpajakanya, khususnya terhadap pajak daerah yang bertujuan untuk menurunkan angka tunggakan pajak daerah, meningkatkan penerimaan pajak daerah, menggugah kesadaran bagi wajib pajak yang tidak tertib, menjalankan amanat Undang-Undang dan Peraturan Daerah Tentang Pajak Daerah.

Sasaran kegiatan operasi penertiban ini adalah wajib pajak dengan kriteria sebagai berikut :

  1. tunggakan pajak daerah untuk periode tahun 2015 akhir sampai dengan tahun 2019 akhir
  1. wajib pajak yang telah diterbitkan surat tagihan pajaknya tetapi sampai dengan dilaksanakan perencanaan kegiatan penagihan belum melakukan penyelesaian atas tagihan dimaksud
  1. objek pajak yang secara langsung dapat diidentifikasi dengan jelas dan telah ditetapkan melalui sppt tetapi memiliki tunggakan lebih dari 5 tahun.

Dengan dijalankan kegiatan operasi ini, maka diharapkan dapat terealisasinya pembayaran atas tunggakan pajak daerah, kemudian agar wajib pajak secara tertib dan sadar agar melaporkan dan membayar kewajiban perpajakannya sehingga dapat terwujud peningkatan penerimaan pajak daerah yang pada akhirnya akan digunakan untuk membangun daerah Kabupaten Bintan ke arah Bintan yang GEMILANG.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Arsip Postingan

Postingan Terbaru

Featured articles